Type something and hit enter

By On


Perusahaan seringkali berpikir bahwa proses rekrutmen telah dilakukan dengan baik, namun tidak mendapatkan karyawan sesuai dengan harapan. Banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan oleh HR terkadang dapat menyebabkan beberapa kesalahan bahkan tidak jarang melakukan kesalahan berikut saat melakukan rekrutmen karyawan.

1.    Tidak melakukan follow up

Seringkali saat HR telah melakukan proses wawancara dengan kandidat berkualitas namun harus kehilangan kesempatan mendapatkan kandidat tersebut karena tidak melakukan follow up. 

Untuk menghindari kesalahan ini, sebaiknya HR selalu menjaga komunikasi dengan para kandidat terutama pada kandidat yang memiliki nilai bagus dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Jangan sampai hubungan dan koneksi HR dan kandidat terputus hingga proses rekrutmen karyawan selesai dilakukan.

2.    Overselling lowongan pekerjaan dan perusahaan

HR seringkali melakukan kesalahan di dalam proses rekrutmen seperti overselling lowongan pekerjaan yang sedang dibuka atau salah merepresentasikan budaya perusahaan pada para kandidat. 

Hal ini biasa dilakukan oleh perusahaan karena ingin mendapatkan karyawan baru dalam waktu singkat. Perlu diketahui bahwa cara ini adalah cara yang salah karena memberikan eskpetasi yang tidak realistis pada para kandidat. 

Kecocokan kandidat dengan budaya perusahaan merupakan hal yang penting karena tentu menjadi salah satu pertimbangan utama baik bagi perusahaan maupun kandidat. 

Sebagai HR, tentu harus jujur dan menyampaikan penjelasan mengenai budaya perusahaan dengan tepat. Karena bisa jadi kandidat sangat tidak cocok pada posisi tertentu namun bukan berarti mereka akan cocok dengan budaya perusahaan.


3.    Terlalu menekan kandidat

Seringkali HR saat melakukan rekrutmen karyawan, menekan kandidat agar mau mengikuti proses wawancara untuk menempati posisi yang tidak sesuai dengan kemampuan atau skill mereka. 

Kesalahan ini membuat situasi yang tidak menyenangkan karena membuat kandidat merasa tidak nyaman dan menjadi sia-sia karena membuang waktu serta tenaga HR dan kandidat yang mengikuti rekrutmen.

4.    Menggunakan kalimat yang berlebihan

HR seringkali menggunakan kata-kata atau kalimat yang berlebihan pada kandidat karyawan dalam proses wawancara saat melakukan rekrutmen karyawan. Seperti, “Percayalah, ini merupakan kesempatan yang besar dan bagus untuk Anda.” Atau “Anda adalah orang yang kami cari selama ini.” Kalimat-kalimat tersebut tidak dibutuhkan kandidat, cukup jelaskan secara sederhana bila kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Penggunaan kalimat yang tepat dapat membantu kandidat menilai tepatkah perusahaan Anda.

Itulah beberapa kesalahan yang seringkali terjadi saat perusahaan melakukan rekrutmen karyawan. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ini haruslah dicegah agar perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan cocok dengan budaya perusahaan,


Gunakanlah aplikasi rekrutmen karyawan dari LinovHR untuk memudahkan perusahaan dalam rekrutmen. Aplikasi rekrutmen karyawan dari LinovHR merupakan aplikasi rekrutmen karyawan nomor satu di Indonesia. 

Tunggu apalagi, gunakan aplikasi rekrutmen karyawan LinovHR dan buktikan keunggulannya.

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.

Click to comment