Type something and hit enter

author photo
By On
advertise here
Toletole.net– Internet di indonesia saat ini sudah sangat menjamur, bahkan sudah bisa di bilang hampir semua kalangan sudah bisa menggunakan internet, oleh karena itu banyak hal yang bisa di mangfaatkan dari majunya internet di indonesia ini. di antaranya adalah sebagai dunia pasar internet, banyak sekali yang berjualan dan membeli dari internet, karena memang tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah atau bermacet-macetan di jalan, panas-panasan di pasar, atau berkeliling memilih barang, kita cukup duduk atau tiduran sambil memilih barang yang kita inginkan.

Cara belanja online yang baik dan benar


belanja online aman dan terpercaya
Berbelanja di internet memang sangat meyenangkan, karena kemudahan dan kenyamanan yang tidak bisa di dapat di dunia pasar offline, tetapi banyak resiko yang harus kita tebak sebelum kita berminat untuk membelinya, di karenakan banyak hal-hal yang bisa saja membuat kita tertipu saat kita membeli barang di internet.

Oleh karena itu saya menuliskan artikel ini untuk berbagi tips berbelanja di internet yang aman.

Tips Belanja Online Yang Aman Agar Tidak Tertipu


Hal-hal yang harus kamu lakukan sebelum membeli di dunia internet ada beberapa langkah, silahkan sobat baca di bawah ini :

1.  Melihat Alamat Toko Online


Toko Online itu ada dua, yaitu Toko online full dan toko semi online.

Toko online full adalah seseorang yang menjual online dan tidak offline dan jika sobat ingin mendatangi toko si penjual tidak ada, Cara mengetahui terpercaya atau tidak kita bisa melihat dari feedback dari para custemernya, bila banyak yang merekomendasikan berarti bisa sobat lanjutkan belanjanya.

Sedangkan Toko Semi online adalah berjualan online tetapi tidak full online, melainkan dia juga berjualan secara offline atau memiliki toko asli di suatu tempat. biasanya yang seperti ini stock barang lebih lengkap.

2. Toko Online yang Terpercaya


Banyak sekali Toko-toko online palsu dan tidak terpercaya di internet, Nah cara mengetahui toko online tersebut terpercaya atau tidak, kita bisa melihat dari feedback dari custemer, domain Berbayar , desain berbayar, review dari toko online yang berkaitan, karena dengan melihat review kita bisa medapatkan info apakah toko online tersebut terpercaya atau sebaliknya, dan domain berbayar bisa di lihat keseriusan pembuatan toko online tersebut. sedangkan domain gratisan bisa saja di buat untuk sementara dan di gunakan untuk menipu.

3. Mintalah Pendapat Orang Lain terhadap penjual


Dalam situs jejaring sosial seperti facebook banyak sekali akun-akun penjual online, kita mungkin tidak dapat mengetahui penjual tersebut secara offline atau menemuinya secara langsung saja tidak mungkin, karena daerah yang sangat jauh, tetapi kita bisa meminta pendapat teman-teman lain yang ada pada jejaring sosial tersebut apakah di rekomendasikan atau tidak, misalkan dalam suatu group facebook sobat ingin membeli barang kepada seseorang dan sobat belum tahu benar penjual tersebut terpercaya atau tidak, alangkah baiknya sobat memposting sebuah tulisan di group tersebut yang bertujuan untuk meminta rekomendasi dari teman-teman group, nantinya akan ada banyak teman-teman group yang baik merekomendasikan atau tidak. misalkan seperti ini.

" Siang agan-agan, minta recomendasikan dong dengan mas/mbak .....Penjual.... gimana? trimakasih sebelumnya"


4. cara bertransaksi online yang aman



Metode Pembayaran belanja Online sangatlah penting, karena hal ini yang bisa membuat kita tertipu jika kita ceroboh, metode pembayaran online yang saya sarankan adalah dengan menggunakan jasa REKBER atau rekening bersama, kamu bisa menggunakan rekber buka lapak atau TokoPedia karena disana sudah di pastikan rekber aman dan bersifat organisasi bukan perorangan.

Menggunakan cara COD atau cash on Delivery, yaitu dengan bertemu di suatu tempat untuk bertransaksi secara langsung.

- saya sarankan untuk sobat yang akan bertransaksi dengan cara COD yaitu pada Siang hari, karena pada siang hari kita bisa melihat barang dengan jelas kekurangan dan kelebihan barang yang di jual.

- selanjutnya periksalah barang tersebut seteliti mungkin, karena saat COD kita belum tentu mengenal penjual dengan pasti, bisa saja ingin menipu kita, tetapi jika kita bisa seteliti mungkin, kita bisa meminimalisir tertipu dengan barang yang akan kita beli, mengingat Garansi personal biasanya hanya tiga hari.

- COD di rumah penjual lebih di rekomendasikan. Membeli barang di rumah penjual lebih saya rekomendasikan karena biasanya penjual yang baik dan tidak punya niat menipu akan membangun sebuah kepercayaan kepada pembeli, jadi misalkan ada pemasalahan dengan barang penjual tidak akan lari, dan bisa sobat datangi di rumahnya.

- Perhatikan Kesepakatan saat bertransaksi. Saat bertransaksi dengan penjual buat kesepakan yang baik dan tidak saling menipu, yaitu maslah garansi atau  ketidakcocokan dengan barang yang di jelasakan penjual. dan lainya.

5. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga murah.


Harga pada toko online bisa saja sangat murah, lihatlah di toko online lainya apakah harga tersebut wajar atau tidak, perhatikan feedback yang ada pada barang tersebut, semakin banyak feedback semakin bagus rekomendasinya. jumlah barang terjual bisa juga untuk recomendasi.


6. Tanyakan kondisi barang sepaham mungkin.



Barang yang di jual online tentu tidak bisa kita lihat, apalagi barang tersebut second, sebaiknya di lihat dengan menggunakan foto asli, berbeda dengan barang baru , kalau barang baru tidak ada minus dan lain-lain jadi kita tidak khawatir dengan foto. selain itu bertanyalah sebanyak mungkin tentang barang tersebut karena kita tidak bisa melihat secara langsung.


*** Recomended ***

Sebenarnya membeli secara online tanpa takut tertipu sangatlah mudah, yaitu dengan menggunakan Rekber terpercaya. selain tips-tips di atas, penggunaan rekber terpercaya bisa menghindarkan kita dari penipuan.

kok bisa???

Bisa saja, karena dengan menggunakan Rekening Bersama, otomatis uang yang kita transfer terlebih dahulu akan di tampung terlebih dahulu di rekening pihak rekber, dan setelah barang sampai di tangan kita dan memastikan barangnya barulah kita konfirmasi terhadap pihak rekber agar uangnya di tranfer ke penjual. dan bila barang tidak sesuai kita bisa mengcancel transaksi tersebut.

Rekber Rekomended : Buka lapak, Kaskus, TokoPedia.

Itulah Tips belanja online yang aman dari penipuan, semoga bermanfaat. jangan lupa berbagi.

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.

Click to comment