Type something and hit enter

author photo
By On
loading...
Setiap orang mungkin tidak bisa lepas dengan yang namanya handphone, baik itu yang biasa maupun yang sudah smartphone, hal ini menjadi tuntutan semua orang untuk berkomunikasi secara cepat dan jelas melalui handphone, apalagi jika anda adalah orang yang suka mencoba gadget baru atau smartphone keluaran terbaru, tentu saja akan sering sekali bersama dengan handphone anda.

cara mengatasi hp kecemplung airHampir setiap hari akhir-akhir ini di indonesia turun hujan yang tidak bisa di prediksi, bahkan yang di prediksi tidak hujan pun ternyata pada siang hari terjadi hujan.

Nah untuk teman-teman yang berpergian dan sering kehujanan tentu akan sangat khawatir dengan handphone yang di bawa, apalagi sampai kecemplung , semua orang tentunya sudah tahu kalau handphone adalah perangkat yang sangat sensitif dengan air, bahkan resiko paling parahnya adalah matinya ponsel tersebut, dengan kerusakan seperti itu biayaya servis yang perlu di siapkan tidak bisa di prediksi karena keruskan yang tidak menentu.

Ketika handphone sudah terkena air di sarankan untuk tidak langsung menghidupkan handhone, karena handphone menggunakan listrik jadi akan sangat beresiko konslet komponen di bagian dalam.
Lalu apa yang harus di lakukan terlebih dahulu saat handphone terkena air? jangan panik dan tergesa-gesa karena takut handphone mati. oleh karena itu tips ini akan saya tuliskan untuk teman-teman supaya saat terjadi masalah yang sama anda tidak lagi panik dan tergesa-gesa saat handphone terkena air.

Berikut ini tips saat ponsel terkena air yang bisa kamu praktekan.
  1. Lepaskan Semua perangkat tambahan yang masih tertancap pada ponsel.

    Lepaskan semua perangkat yang masih tertancap pada ponsel, paling utama yang harus di sopot terlebih dahulu adalah baterai, karena dari baterai ini semuanya bisa rusak jika terkena air, selanjutnya perangkat yang lainya seperti memory card, simcard dan lainya.
  2. Keringkan ponsel dan baterai.

    Setelah semua perangkat tadi sudah di copot, silakan keringkan semua perangkat tadi, bisa menggunakan tissue, kain kering atau dengan menggunakan cutton bat.
  3. Jika mampu melakukanya buka dan  bongkar ponsel.

    Jika anda berani untuk membongkar ponsel untuk memastikan air benar-benar kering di dalam ponsel, tetapi jika anda tidak berani melakukanya anda bisa menggunakan vacum cleaner untuk menyedot airnya, jangan menggunakan har dryer karena akan mamsukan air lebih dalam, gunakan yang bersifat penyedot agar air bisa tersedot denganya.
  4. Gunakan slica gell.

    Silikan gell berfungsi untuk menyerap kelembaban, tindakan ini berfungsi untuk mengurangi kelembaban yang ada di dalam perangkat smarphone. simpan selama dua jam untuk mengurangi kelembabanya.
  5. Gunakan Beras sebagai pengganti Silica Gell Apabila anda tidak mempunyai silica gell, anda bisa menggunakan beras sebagai penggantinya, caranya gunakan beras secukupnya  dan tempat yang muat untuk mengubur  ponsel anda dalam beras bisa menggunakan plastik atau wadah lainya, isi beras hingga ponsel tenkubur.
Setelah Hp yang basah tadi di kubur dalam beras selama dua jam atau lebih silakan ambil kembali hapenya dan silakan chek apakah ponsel sudah benar-benar kering, jika sudah langsung saja pasangkan kembali baterai dan hidupkan ponsel, jika berjalan normal, matikan hape dan pasang semu perangkat tambahn lainya.

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.

Click to comment