Type something and hit enter

author photo
By On
loading...
Recovery adalah sebuah cara yang di gunakan untuk menyelamatkan data atau sistem yang ada pada laptop atau komputer kita, sebelum melakukan recovery ada hal yang harus di siapkan terlebih dahulu, yaitu sebuah file backup image yang sudah ada pada partisi hardisk yang terdapat pada laptop yang akan di recovery, biasanya file recovery yang terdapat partisi hardisk bisa saja di sembunyikan atau di hidden partisinya, mungkin bertujuan agar pengguna laptop tidak bingung tetapi ada juga yang di perlihatkan dan di beri dengan nama recovery, nah setelah ada file backup image windowsnya kita sudah siap untuk merecover sistem windows laptop tersebut, pada laptop yang sudah di sertai windows original biasanya sudah di sertakan file image back up ini, tetapi instalan partisinya hanya satu partisi yang menyebabkan sulitnya membackup file data penting yang seharusnya tidak boleh hilang, karena untuk berjaga-jaga supaya tidak ada file atau data yang hilang, saya sarankan untuk membackup terlebih dahulu.
Cara Recovery windows laptop

Langkah selanjutnya adalah mengetahui tombo-tombol recovery pada masing-masing laptop, ada beberapa cara untuk recovery windows tetapi untuk standart yang sering di gunakan adalah mengggunakan tombol-tombol recovery  yang akan saya tuliskan di bawah, perlu di ingat masing-masing laptop tombol dan caranya berbeda, berikut ini adalah macam-macam tombol recovery windows.


1. Toshiba : 0 (angka 0)

2. Sony : F10
3. Asus : F9
4. Nec/FUJITSU : F11
5. HP/COMPAQ: F11
6.ASUS : F9
7.ACER : ALT+F10  >>jangan sampai lupa, pastikan D2D pada BIOS sudah di enabled terlebih dahulu <<
8. Byon : Fn+F12 atau F12
9. Axio: Saya belum coba recover. jadi sillahkan anda coba F1 - F12
10. Dell : Ctrl +F11

Dari tombol di atas bisa di cocokan dengan Laptop sobat yang akan di recovery windowsnya, biasanya software recovery windows original berbeda-beda, tetapi ada hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan recovery windows pada laptop, berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan.


1.Recovery windows dengan menghapus seluruh partisi- Saat recovery terdapat pilihan yaitu install dan format semua partisi, yaitu semua data-data yang ada pada laptop kamu akan di hapus semuanya, dan sebaiknya kamu membackup semua data-data penting.


2. Melakukan recovery windows  hanya pada drive windows, melakukan recovery dengan cara ini lebih ringan konsekuensinya di karenakan kita tidak harus kehilangan data ataupun partisi yang sudah di pecah dan di bagi-bagi sesuai selera kita, 


3. Harap berhati-hati melakukan recovery windows- melakukan recovery windows itu seperti mengupload video dengan koneksi putus-putus, sama-sama bikin deg-degan, ya bagaimana tidak deg-degan karena melakukan recovery windows beresiko kehilangan data-data penting, apalagi bahasa recovery windows yang di gunakan adalah bahasa inggris dan itu kadang membuat kita bingung apa maknanya. jadi berhati-hatilah melakukanya terutama terhadap dua pilihan di atas(no 1 dan 2). 


Melakukan recovery windows terkadang gagal bila menggunakan cara di atas, seperti yang saya ungkapkan di awal, saya pernah merecovery sebuah netbook acer dengan cara menggunakan tombol recovery seperti di atas, sudah setting d2d dan macam-macamnya tetap saja tidak bisa masuk ke mode recovery windows, waktu itu windows yang akan saya recovery adalah windows 8, dan alhasil saya menggunakan cara melalui pengaturan yang ada pada windows 8. Yang ingin tahu caranya silakan baca di link di bawah ini.




dengan cara di atas saya berhasil melakukan recovery windows yang sebelumnya saya sudah pesimis untuk melakukanya, tetapi berkat doa dan sedikit hasil pusing-pusingan alhamdulillah akhirnya bisa saya lakukan.

Cara- cara di atas bisa di terapakan pada windows xp, windows 7, windows 8, windows 8.1, maupun windows 10. tetapi perlu diingat, setiap software recovery mungkin saja sedikit bereda, tetapi yangs ama adalah 2 hal yang sudah saya tuliskan di atas. (poin no 1 dan 2)

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.

Click to comment