Type something and hit enter

author photo
By On
Jenis partisi hardisk memang cukup beragam, dari jenis-jenis tersebut terdapat fungsi masing-masing, kususnya pada tempat sistem operasi, pada sistem operasi windows tentu kita harus tahu dengan dua jenis partisi yang sering di gunakan, yaitu partisi logical dan primary.

Disini saya akan berbagi cara untuk menconvert partisi logical ke primary ataupun dari primary ke logical tanpa harus melakukan format hardisk. tetapi sebelum itu kita baca dulu yuk apa sih perbedaan antara partisi logical dan primery. silakan di baca di bawah ini.

Perbedaan Partisi Primary dan Logical

Partisi primary

Partisi primary adalah partisi yang di utamakan untuk booting, biasanya partisi ini di peruntukan untuk menginstall sistem operasi, jadi primary partition adalah partisi yang paling utama dalam hardisk dimana windows ataus os lain diinstall, dan untuk sebuah hardisk yang di format dengan menggunakan primary partition biasanya terbatas hanya sampai 3 partisi.

Partisi Logical

Partisi logical sering di gunakan apabila kita ingin membuat partisi yang lebih banyak, partisi logical termasuk dalam partisi extended, apa itu partisi extended? partisi extended adalah partisi di mana tempat partisi logical itu berada. saat anda ingin membuat partisi logical nantinya partisi yang di buata akan menjadi extended dengan sendirinya.

Bila kita menggunakan hardisk dengan kapasitas besar biasanya kita ingin membagi hardisk kita menjadi banyak partisi, nah partisi logical ini yang akan di gunakan mengingat partisi primary terbatas hanya sampai 3 partisi, jadi kita bisa mengubah partisi primery dan partisi logical untuk kita bagi lagi menjadi lebih banyak lagi partisi, contoh : jika partisi primary hanya C.D.E dan kita ingin lebih banyak lagi partisi kita harus merubah partisi tersebut menjadi logical. saat membagi partisi lebih dari 3 maka nantinya hardisk akan secara otomatis berubah menjadi logical dengan sendirinya. misal : drive C adalah partisi primary dan sobat masih ada 5 partisi lagi yaitu D,E,F,G,H, dari hardisk satu tera atau 1000 gb, maka partis yang di belakang itu partilah berubah sendiri menjadi logical, jika masih primary berarti tidak akan bisa di bagi menjadi lebih dari 3 partisi.

Di karenakan suatu hal, hardisk logical ingin kita rubah menjadi primery lagi, dan pada hardisk logical tersebut masih ada data-data kita yang lama, untuk merubahnya kita harus menghapus data dengan cara di format menjadi primary, untuk itu cara ini bisa kamu gunakan untuk merubah pasrtisi logical tadi untuk di jadikan partisi primary tanpa harus mengformat hardisk dan tanpa kehilangan data.

Cara merubah partisi hardisk logical ke primary atau primery ke logical

Bagaimana caranya merubah format hardisk yang tadinya logical menjadi primary ataupun primary menjadi logical, mungkin kebiasaan lama agan atau saya yang dulu adalah dengan cara mengformat partisi tersebut tapi dengan mengfot hdd tersebut agan harus membackup data terlebih dahulu, dan kalau datanya banyak agan sangat mebutuhkan waktu yang sangat lama bukan, nah untuk itu saya akan bagikan cara sederhana ini dan mungkin untuk agan yang masih pemula tentu bia melakukan cara merubah atau menconvert partisi logical ke primary berikut, oke agan semua yang saya akan bagikan tutorial adalah dengan menggunakan software easeus partition manager, silakan download software disini .

jika software sudah di download silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

+ install aplikasi yang sudah di download tadi sampai selesai.
+ jika sudah selesai install buka aplkasi easeus tersebut, maka akan tampil seperti gambar berikut.
cara merubah partisi extended menjadi primary

sebelum kamu mengubah partisi logikal menjadi primary kamu harus menconvert ke basic disk terlebih dahulu.setelah itu klik kanan partisi logical yang ingin di rubah menjadi primary seperti di bawah ini.
cara mengubah simple volume menjadi primary partition
Dan setelah selesai, dan juga kamu sudah mantap merubahnya kamu klik tombol centang yang berapa berada pada kiri atas, dan akan diminta untuk merestart komputer kamu, setelah di restart, lihat perubahanya.

langkah di atas juga bisa kamu gunakan untuk menconvert hardisk partisi primary ke partisi logical, cara sama saja, cuman nanti anda rubah pilihan sebaliknya, semoga bermangfaat.


Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.

Click to comment