Type something and hit enter

author photo
By On
loading...
Dalam penggunaan yang waktu lama laptop kemungkinan besar kotor dan berdebu, hal itu tidak bisa kita hindari mengingat laptop memerlukan angin untuk mendinginkan perangkat mesin yang ada di dalamnya, otomatis debu akan masuk dan menyumbat di dalam, dalam waktu lama kemungkinan akan menyebabkan laptop cepat overheat dan bisa mati sendiri.

laptop overheat mati sendiri

Untuk memperbaiki laptop overheat tentunya kita harus tahu beberapa penyebabnya bukan? oleh karena itu saya akan tuliskan pengalaman saya tentang apa saja yang menyebabkan laptop kita cepat panas dan terkadang malah mati secara tiba-tiba.

Kalau sobat seorang gamer tentu sobat akan sering menemui laptop cepat sekali overheat pada saat bermain game, bahkan kadang-kadang performa game menjadi kurang bagus seperti macet-macet atau ngelag, dan laptop menjadi berisik karena kipas pada laptop yang bekerja keras untuk mengeluarkan panas dari dalam laptop, tetapi angin tidak keluar dengan sempurna.

Tidak udah berlama-lama akan saya tuliskan beberapa alasan atau penyebab yang akan sering sobat temui jika laptop sobat sering overheat yang tidak wajar.

Berikut adalah Beberapa penyebab Laptop  overheat yang bisa sobat tinjau pada laptop yang sobat pakai :

Banyak Debu Yang menyumbat di dalam ventilasi laptop.


Debu merupakan Penyebab yang tidak bisa di hindari, karena debu ini bisa masuk pada latop tanpa kita sadari walaupun kita menjaganya dengan baik, kita bisa melihat bagian luar laptop yang bersih tetapi kita tidak tahu kondisi yang di dalam laptop apakah benar-benar bersih atau tidak, dari debu ini bisa saja menyumbat pada fentilasi kipas laptop dan otomatis angin yang keluar membawa panas dari dalam laptop tidak bisa maksimal pengeluaranya, dan kemungkinan besar akan kembali dan panas akan semakin bertambah.

Solusi untuk Kotoran debu yaitu di bongkar total, di bersihkan semua mesin, fentilasi kipas di dalam laptop dan perangkat-perangkat keras yang ada.

Jika laptop anda masih bagus, sobat bisa membaca artikel di bawah ini, tentang bagaimana cara memakai dan mereawat laptop yang baik dan benar.

Baca : (Cara merawat laptop yang baik dan benar)

Memakai alas yang berbahan lembut.(Kasur, kain, Taplak meja dll)


Penggunaan laptop yang seperti ini sangat tidak di sarankan, karena menyebabkan angin tidak bisa keluar masuk pada laptop, selain menyebabkan laptop overheat hal ini juga bisa menyebabkan kipas laptop menjadi cepat rusak, karena kipas akan bekerja keras tetapi tidak ada angin yang masuk atau keluar. kebiasaan yang satu ini biasanya di lakukan oleh para perempuan, memakai di kasur memang santai, berselancar diinternet, dan kegiatan lainya.

Terdapat Virus pada Laptop


Sudah layaknya jika virus ada di laptop kita, nah kenapa virus bisa membuat laptop panas? begini penjelasan menurut saya, jika virus berkembang dalam laptop kamu dan semakin banyak maka virus akan membuka program-program yang sudah di siapkan oleh pembuat virus, program yang di buka secara bersamaan akan memakan Daya prosesor, ram dan vga yang banyak,  komputer atau laptop secara perlahan dan tidak di ketahui akan mulai lambat dan panas yang tidak wajar, dan jika laptop sudah tidak kuat akan mati sendiri nantinya, saran saya gunakanlah antivirus yang bagus sesuai dan sudah di rekomendasi oleh banyak orang atau tempat servis komputer di kota anda.

Pasta Prosesor atau chipset yang sudah kering dan waktunya di ganti


Untuk yang satu ini akan terasa jika laptop bekerja keras seperti bermain game, atau desain yang cukup besar, melibatkan seluruh perangkat laptop mulai dari prosesor, ram , vga semuanya bekerja, akan terasa performa kurang bagus jika pasta yang ada pada prosesor laptop, atau chipset lainya kering, seperti macet-macet dan lainya walaupun tidak mati tetapi hal ini penting untuk di perhatikan.

Pasta prosesor berfungsi untuk megalirkan panas dari chipset, baik itu prosesor atau vga ke penghambat yang di alirkan ke kipas agar nantinya panas bisa di keluarkan, kalau pasta ini kering kemungkinan tidak akan terasa prosesor atau chipset yang berhubungan akan rusak. untuk yang sering main game sangat di rekomendasikan untuk di chek berkala pada bagian pasta ini, karena pasta akan cepat kering jika komputer atau laptop sering bekerja keras.

Secara Garis besar hanya itu saja penyebab laptop cepat panas yang bisa saya tuliskan, karena banyak sekali penyebab laptop cepat panas yang kemungkinan jarang di temui, Listrik juga berpengaruh pada laptop agan, jika listrik tidak stabil dan harware pada mainboard agan ada yang jebol mungkin juga akan menyebabkan komputer overheat  juga. tetapi masalah ini sangat jarang sekali.

Mungkin sudah cukup artikel saya yang singkat ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan, jika ada yang kurang sobat bisa berkomentar di bawah untuk saya lengkapi atau sekedar testimoni.

Terimakasih sudah mampir,

1 komentar:

avatar

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi http://ahlirental.blogspot.com

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.

Click to comment